18/07/10

Hiatus...Hiaaaa!!!

Berbulan-bulan saya dalam keadaan hiatus, keadaan yang oleh banyak penulis dianggap momok menakutkan (setan kali!?). Kehilangan motivasi dalam menulis adalah bayang-bayang maut yang melemahkan mental-spiritual-idealisme sang penulis untuk berkarya. Terus kemudian, semangat itu benar-benar terancam mati dan hilang tak berbekas.
Dalam masa-masa kebimbangan atau saya anggap sebagai masa "menggantung" terasa benar bagaimana mengenanya hal ini di hati. Pikiran terus saja berontak, "Ayolah, ayo! kamu harus menulis. Harus! Bukankah kamu ingin menyalurkan bakatmu?". Sebagai pemula, saya menulis banyak hal yang menurut saya menarik dan wajib tulis. Apapun itu, entah dalam bentuk puisi, cerpen, catatan harian, artikel, etc. Banyak tulisan saya publish di blog, status FB/Twitter, atau berupa komentar di blog milik blogger lainnya. Sisanya terserak dalam sobekan kertas yang tak tersusun rapi (kadang terabaikan, tapi kalau sudah diinginkan bingung nyarinya Y(^_^) Y) .
Entah, akhir-akhir ini segala peristiwa tak lantas membuat saya gatal mengguratkan pena. Pikiran dan tangan saya tidak konek. Saya berhenti menulis!

Padahal saya pernah membaca sebuah artikel di kompasiana yang menyebutkan kalau dengan menulis paling tidak ada 5 manfaat yang dapat kita rasakan:  
1. Menjernihkan pikiran dan perasaan 
2. Mengenal diri lebih baik 
3. Mengurang stres 
4. Memecahkan masalah lebih efektif 
5. Mengatasi kesalahpahaman dengan orang lain.
Akhirnya dalam kemalasan yang sangat saya coba bikin postingan ini. Salah satu penulis yang saya kagumi karyanya, A.S. Laksana, berkata dalam bukunya Creative Writing: "Saya curiga kalau mood dijadikan alasan berhenti menulis untuk menutupi ketidakmampuannya merangkai kata-kata. Menulislah dalam keadaan apapun. Bahkan, saat tidak ada ide sekalipun!"
Kawan, mari menulis!!!

1 komentar:

  1. mari menulis lagi. kenapa hiatus? ide kan biasanya datang dengan sendirinya. :D

    BalasHapus

Tertarik dengan artikel saya di atas?
Silahkan tulis komentar Anda di kotak komentar.
No SARA, Pornografi & Provokasi

Bookmark and Share
Powered By Blogger