14/02/09

Kutu Buku Dan Pribadi Introvert

Dalam wikipedia disebutkan, introvert adalah ketertutupan, biasanya karena pilihan. Introvert adalah pribadi yang bersifat menyendiri dan biasanya lebih pendiam dan tertutup, sedikit bicara dan lebih suka menjadi pendengar yang baik dalam suatu kelompok atau lebih suka menyendiri di rumah daripada harus berkumpul dengan orang lain.Mereka lebih suka membaca, kesenian, menulis, atau berjam-jam duduk di depan komputer. Kegiatan kelompok terkadang dapat begitu memprovokasi para introvert sehingga mereka akhirnya malah berpikir mengenai diri mereka sendiri, introspeksi dan diam, di tengah percakapan yang seru. Orang yang introvert biasanya pendiam, sensitif, gampang terprovokasi, dan memiliki sedikit teman daripada kerumunan orang (apakah anda masuk dalam klasifikasi?).

Memang pribadi introvert selalu dikaitkan dengan golongan kutu buku. Banyak yang berpandangan demikian. Tapi apakah semua orang yang kutu buku termasuk pribadi introvert? Tentulah tak dapat dikatakan demikian. Demikian pula stigma lama yang terbentuk mendeskripsikan kutu buku sebagai pribadi yang kurang menyenangkan,kuper, dan memakai kacamata tebal. Malah ada yang menyebut sebagai “perpustakaan berjalan” (hehehe, yang ini pengalaman pribadi :p).

Mendukung Bagaimanapun, aktifitas membaca buku itu perlu. Jika anda tergolong kutu buku, jangan malu disebut demikian. Berbahagialah karena anda adalah sumber ilmu, informasi, dan agen perubahan bagi sesama. Mereka yang menghina tidak lebih baik dari anda.Tapi jika anda seorang kutu buku yang juga introvert, berubahlah sikap. Pribadi introvert harus dihilangkan sedangkan sifat kutu buku harus dipertahankan. Kita adalah makhluk sosial yang butuh orang lain untuk membantu kita disaat kita butuh. Jika anda mempunyai teman introvert janganlah dijauhi, dekati ia dan jadilah teman yang baik. Apalagi jika ia seorang kutu buku. Ambillah manfaatnya (karena ia adalah agen perubahan!).

1 komentar:

  1. Saya termasuk klasifikasi anda.. Kenyamanan luar biasa saya dapatkan saat saya sendiri di kamar dan kebetulan hobi saya menulis dan melukis..saya tdk suka berbicara hal2 yg menurut saya tdk penting. Kalau pun berkumpul dgn tman2, saya akan mulai diam saat mereka membicarakan hal2 yg terlalu pribadi atw saat mrka brdebat..saya diam sambil mengamati karakter tman2 dri cara mereka bicara.

    BalasHapus

Tertarik dengan artikel saya di atas?
Silahkan tulis komentar Anda di kotak komentar.
No SARA, Pornografi & Provokasi

Bookmark and Share
Powered By Blogger